Kenali Kelebihan dan Kekurangan Nokia C31 Sebelum Meminangnya

Salah satu ponsel entry level Nokia terbaru adalah Nokia C31 yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Sebelum memutuskan untuk meminang ponsel ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan Nokia C31ini. Simak informasi ringkas tentang ponsel Nokia terbaru ini di bawah ini. 

Kelebihan Nokia C31

Nokia mengklaim bahwa ponsel entry level mereka memiliki pembeda. Untuk mengetahui hal tersebut simak kelebihan yang disematkan pada ponsel yang sudah mengantongi sertifikat IP52 berikut ini:

1. Body Kokoh dan Tahan Percikan Air

Nokia terkenal sebagai pabrikan ponsel dengan produk yang terbukti awet. Pada tipe C31 ini, Nokia menggunakan bahan plastik polikarbonat di seluruh body ponsel. Walaupun berbahan plastik, namun bagian belakangnya bertekstur sehingga membuatnya tampak elegan dan mahal. Selain itu, sertifikasi IP52 yang sudah dimiliki oleh ponsel entry level Nokia ini menjamin bahwa produk ini tahan debu dan percikan air. 

2. Baterai Tahan Lama

Baterai berkapasitas 5000mAH yang mampu bertahan hingga tiga hari merupakan salah satu fitur unggulan yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, dengan kapasitas tersebut Anda tidak perlu repot terlalu sering melakukan isi ulang daya. 

3. Kapasitas Memori Relatif Besar

Salah satu nilai positif dalam Nokia C31 review adalah kapasitas memorinya yang relatif besar. Pabrikan Nokia menyediakan beberapa pilihan memori internal untuk ponsel besutan mereka ini, antara lain:RAM 3GB kapasitas 32GB. Sedangkan untuk RAM 4GB tersedia kapasitas memori internal 64 dan 128 GB. Alhasil, ponsel C31 Dari Nokia ini mumpuni dalam melakukan multitasking. 

4. Layar Lebar

Salah satu poin penting dari Nokia C31 spesifikasi kelebihan dan kekurangan adalah layarnya yang relatif lebar. Nokia menggunakan layer IPS jernih berukuran 6,74 inci yang memanjakan pengguna dalam berselancar menggunakan ponsel tersebut. Ditambah lagi ponsel ini didukung HD 720 x 1600 piksel yang tentunya cukup membuat penggunanya merasa puas. 

5. Sensor Biometrik Relatif Lengkap

Walaupun Harga Nokia C31 hanya sejutaan, tetapi ponsel ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup lengkap. Ponsel ini memiliki pemindai wajah dan jari yang bisa dioptimalkan untuk menjaga keamanan ponsel. Kekurangannya adalah pemindai jari berada di bagian belakang ponsel bukan berada di dekat tombol power.

Kekurangan Nokia C31

Agar seimbang ketika membahas kelebihan dan kekurangan Nokia C31, maka Anda Juga wajib menyimak beberapa kekurangannya. Hal ini penting karena dapat membantu Anda memutuskan apakah ponsel tersebut sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda. Jadi, simak kekurangan Nokia C31 berikut ini:

1. Performa Kurang 

Jika Anda suka bermain game di ponsel maka sangat tidak direkomendasikan untuk membeli ponsel ini. Pasalnya, performa Nokia C31 untuk bermain sangat kurang. Hal ini disebabkan oleh penggunaan chipset model lama dengan dukungan GPU yang performanya kurang bagus. 

2. Kamera Kurang Bagus

Walaupun sudah dibekali dengan kamera utama sebesar 13MP, depth 2MP dan makeo 2MP, namun beberapa review menunjukkan bahwa performa kamera tersebut kurang bagus. Hasil pemotretan menunjukkan ketidakakuratan warna dan detail yang mumpuni.

3. Menggunakan Port MicroUSB 

Kekurangan selanjutnya adalah penggunaan port microUSB jadul karena tidak menggunakan type C yang merupakan port universal saat ini.. Selain itu, ponsel ini tidak bisa fast charging karena hanya menggunakan charger 10W saja.  

4. Tidak Memiliki Sensor Compass

Untuk produk keluaran tahun 2023, tidak memiliki sensor Kompas merupakan sebuah kekurangan. Pasalnya, pengguna tidak akan dapat secara otomatis melihat arah mata angin ketika menggunakan ponsel ini tanpa internet. 

5. Tidak Ada Fitur NFC

Di era digital ketika hamper semua hal dilakukan secara digital, tidal menyematkan fitur NFC adalah kekurangan dari Nokia C31. Pasalnya, banyak pengguna yang melakukan transaksi mereka secara non-tunai sehingga membutuhkan fitur NFC

Jadi bagaimana? Setelah membaca kelebihan dan kekurangan Nokia C31 di atas apakah Anda yakin untuk meminang ponsel entry level dari Nokia tersebut? Semoga terbantu dengan informasi di atas dalam memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.