Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Samsung, Dijamin Berhasil!

Cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP Samsung umumnya sangat mudah dilakukan. Bagi pengguna HP Samsung, mungkin sebagian masih belum mengetahui langkah tepat untuk pembersihan memori tanpa harus menghapus aplikasinya. 

Memori penuh seringkali terjadi tidak hanya pada HP Samsung saja, melainkan pada merek HP lainnya. Hanya saja, pada penjelasan kali ini akan membahas seputar cara mengatasi memori penuh di HP Samsung. Bagaimana caranya? Yuk, simak!



Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung Tanpa Hapus Aplikasi

Memori penuh biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari penggunaan banyak aplikasi, kapasitas penyimpanan rendah, hingga banyak file yang tersimpan. Kehabisan memori pada HP Samsung tentu sangat menjengkelkan dan menghambat kebutuhan penyimpanan pada ponsel. 

Hanya saja, terkadang pengguna tidak ingin menghapus aplikasi yang menjadi salah satu penyebab memori penuh. Untuk cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP Samsung yakni sebagai berikut:

1. Memindahkan File ke Penyimpanan Eksternal

Cara mengatasi memori penuh pada HP Samsung pertama adalah dengan memindahkan file-file ke penyimpanan eksternal pada ponsel. Ketika memindahkannya ini dirasa sangat aman dan bisa membantu mengosongkan ruang penyimpanan. Adapun caranya, yakni sebagai berikut:

  • Buka menu Setting > Aplikasi/Manager Aplikasi

  • Klik file yang ingin dipindahkan ke penyimpanan ponsel

  • Klik Pindah ke Kartu SD > tunggu hingga proses pemindahan selesai

Cara pertama ini sangat simpel dan sederhana. Jadi, mungkin kebanyakan pengguna HP Samsung A70 sudah terbiasa melakukannya. 

2. Menghapus Cache

Penyebab ponsel kehabisan penyimpanan salah satunya adalah terdapat cache yang menumpuk. Agar bisa mengosongkan ruang penyimpanan, berikut cara menghapus cache pada HP Samsung:

  • Buka menu Setting > Aplikasi/Manager Aplikasi

  • Klik aplikasi yang ingin dihapus cache-nya 

  • Pilih salah satu opsi penyimpanan yang ada di aplikasi yang dipilih

  • Klik bersihkan cache > tunggu hingga proses pemindahan selesai

3. Menghapus Video yang Tidak Diperlukan

Tidak harus menghapus aplikasi, nyatanya dengan menghapus video yang tidak diperlukan juga cukup efektif untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Untuk menghapusnya, maka pengguna tinggal memilih video mana yang sudah tidak diperlukan di aplikasi bawaan Video HP Samsung. 

Disarankan pengguna menghapus video dari grup WhatsApp yang tidak penting agar bisa mengosongkan kembali ruang penyimpanan Anda. 

4. Upload Foto ke Google Foto

Tak hanya video saja yang menghabiskan ruang penyimpanan, nyatanya foto juga bisa menghabiskan memori penyimpanan ponsel. Apalagi HP Samsung A13 Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang rendah. 

Nah, tapi Anda tak perlu khawatir, sebab terdapat solusi yang bisa mengatasinya yaitu dengan mengunggah foto ke Google Foto. Adapun cara mencadangkan foto ke Google Foto, yakni sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Foto

  • Masuk dan registrasi akun Google Foto Anda

  • Klik Foto Profil > Foto > Cadangkan dan Sinkronkan

  • Klik Mengaktifkan/Menonaktifkan Cadangan Sinkronisasi sesuai keinginan Anda

  • Selesai

5. Membersihkan Sampah Ponsel

Cara mengatasi penyimpanan penuh tanpa menghapus aplikasi terakhir adalah dengan melakukan pembersihan sampah pada ponsel. Sampah ponsel bisa saja menumpuk jika pengguna membiarkan cache aplikasi yang telah banyak digunakan. 

Untuk membersihkannya, biasanya terdapat aplikasi bawaan di HP Samsung untuk pembersihan ruang. Selain itu, Anda juga bisa mendonwload aplikasi pihak ketiga untuk pembersihan sampah ponsel. 

Aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda donwload seperti 1Tap Claner, Ccleaner, SD Maid, dan aplikasi lainnya di Google PlayStore. Dengan membersihkan sampah secara rutin, maka bisa menjadi salah satu cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP Samsung dengan mudah.